Kamis, 06 Desember 2012

Keceriaan Gerbera.. ^o^

kebun gerbera di pojok cuma 1204 pohon
yeaahh..akhirnya blog yang satu ini bisa di update lagi. hegheg...
ini dia bunga pertama yang bisa di lihat di kebun saya.. =D
gerbera namanya, atau nama kerennya DAISY..
^^


oke, saya ceritakan sedikit siapa gerbera..
silahkan di nikmati.. =D

Gerbera ini tanaman herbaceous yang batangnya berongga seperti batang kangkung, itu sebabnya meskipun gerbera ini bunga potong, tapi jangan sekali-sekali memotong batangnya, yang ada bukan semakin awet, tapi akan semakin cepat layu..hehe..

batangnya tegak lurus, meskipun ada yang bengkok-bengkok miring, yang jelas batangnya tunggal tidak bercabang.  trus gak ada daun di batangnya. daunnya cuma ada di pangkal batangnya. bisa di lihat poto di bawah ini, kawan. ^^

daunnya hijau, lebar dan ujungnya bergerigi gitu, semakin lebar daunnya, maka semakin mantap bunganya. kenapa? ini berhubungan dengan proses fotosintesis kawan, iya gak? he-eh..!! semakin lebar daunnya maka dapur untuk membuat "makanan" semakin besar pula, nah ketersediaan makanan inilah yang mempengaruhi pertumbuhan si bunga. gak jauh beda sama manusia lah ya.. hegheg..
penampakan satu pohon si gerbera, ni pohon masih kurang gizi.. -.-"

meskipun tanaman gerbera ini kecil, tapi jangan remehin gerbera kawan, umurnya bisa lebih panjang dari kita. karena gerbera termasuk tanaman tahunan yang bisa berbunga terus-menerus dan menghasilkan anakan-anakan yang bisa dikembangbiakkan, ngg..yah, seperti alat reproduksinya gitu deh..gerbera bisa diperbanyak melalui anakan-anakan yang dilahirkannya..

yang paling indah dari gerbera ini itu susunan mahkotanya. seperti cakram bulat dan tersusun rapi..nah, dilihat dari susunan mahkotanya itu ada 3 jenis gerbera, yang pertama gerbera single yang mahkotanya cuma tersusun  selapis, doubel itu dua lapis dan biasanya ada dua warna, dan triple yang mahkotanya tersusun lebih dari dua lapis dan warnanya lebih dari dua macam. bunga di bawah ini contoh gerbera double, yang susunan mahkotanya dua lapis, tapi satu warna. klo di tempat saya, namanya gerbera susun.

melihat susunan mahkotanya yang buat saya jatuh cinta.. =D
warna bunga gerbera gak cuma merah kok, warna-warni. cuma kebetulan aja gerbera yang saya tanam berwarna merah jadilah potonya cuma warna merah.nanti deh ya, klo udah ada dokumentasi warna lainnya, saya kasih liat deh.. :p

menanam gerbera ini susye-susye gampang..
untuk budidayanya sama aja dengan budidaya tanaman lain, mulai dari pengolahan lahan, penanaman, pemeliharaan, panen sampai pasaca panen. yang perlu diperhatikan dari pemeliharaan gerbera itu pemupukannya. karena kehebatan si gerbera yang bisa berbunga sepanjang masa, maka biar si bunga itu tetap memuaskan mata memandang maka "makanannya" sangat menjadi perhatian, jangan sampai kekurangan, kalau kekurangan maka si bunga bakal kurus-kurus.

trus, yang perlu di perhatikan juga "musuh-musuh" dari gerbera ini. "musuh-musuh" yang susye di basmi itu kumbang, thrips, ulat ma leafminer. si kumbang sangat suka ngemilin mahkotanya, alhasil mahkota gerbera bakal bopeng-bopeng dah bekas gigitan si kumbang. si thrips bakal ngisap warnanya gerbera, so warna gerbera yang ngejreng bakal kusam, si ulat pun tanpa berdosa bakal sembunyi di tengah-tengah mahkotanya, seolah-olah itu adalah rumah ternyamannya, kan gak lucu aja gerbera yang unyu-unyu di dalamnya ada ulat yang gendut-gendut. terakhir si leafminer, nah serangga yang ini sedikit beradab. dia gak bakal nyerang "harta karun" gerbera. dia cuma bersarang di daun-daunnya. trus masalahnya? beuuhh..!!! kalau bersarang aja mah gak masalah, tapi kalau sampai merusak dapur buat makanan si gerbera, siapa yang gak uring-uringan coba?? kan kalau dapurnya rusak, trus si gerbera mau makan apa??
itulah kawan yang harus diwaspadai dalam memelihara gerbera, gak mau kan bunga yang indah nan cantik ini di rusak oleh "musuh-musuh" yang ngegemesin..


terakhir, cerita tentang gerbera, belum lengkap kalau gak ada sejarahnya..
ternyata, gerbera ini masih keluarganya asteracea. Gerbera itu ternyata nama seorang dokter Jerman yang menemukan si bunga ini untuk yang pertama kali, Trougot Gerber namanya. untuk mengenang si dokter, jadilah si bunga itu dinamakan gerbera. aslinya dari  Afrika Selatan, provinsi Transvaal. disana gerbera di kenal dengan sebutan daisy. [sumber wikipedia]
jadi daisy itu gak jauh beda dengan gerbera. ntar jangan bingung dan bimbang lagi ya ngebayangin bunga daisy itu gimana... =D

iseng-iseng dikit..
bunga gerbera ini ternyata bunga kelahiran bulan april loh..yang konon diartiin sebagai lambang kerendahan hati, simpati dan keceriaan. hegheg..
[sumber tidak jelas, jadi terserah pendapat kamu.. ^^]

hm, cukup sekian cerita tentang gerbera kali ini..
mudah-mudahan cerita ini berguna dan membuat kamu juga jatuh cinta pada gerbera..
=D

terimakasih sudah membaca sampai selesai..
dan sampai ketemu di cerita bunga-bunga yang lain..

Salam Ceria..
^o^


5 komentar:

  1. baru tau klo gerbera itu daisy..
    boleh ni peh..
    terus di update bunga-bunga cantiknya yah..
    nggak ambil taneman hias si, matkul pilihannya.. :(
    oh ya, baru inget, di film Daisy bunga Daisynya kok kecil-kecil ya.. lebih mirip krisan..
    tapi gerbera yang ini berbunga tunggal n gede2..
    apa ada spesies yang lebih kecil yah?
    ato yg di film yg salah kasih nama bunga?
    hehhhe...

    BalasHapus
  2. gerbera juga banyak macamnya ndri..
    disini juga ada gerbera yang kecil-kecil kayak krisan..
    cuma belum ke poto aja, ntar klo udah ada potonya ku publish..
    hehe..

    BalasHapus
  3. bukan, daisy itu lain lagi,.
    daisy disini biasanya buat nyebut tipe bunga.
    sama kayak aster, ada tipe single, spray, rose, spider, pom pom, curved, dll

    BalasHapus
  4. artikelnya bagus dan sangat bermanfaat bagi kami, saya dari kebunbibibt mau menawarkan beberapa tanaman hias yang indah - indah, caranya mudah kunjungi saja https://kebunbibit.id/

    BalasHapus