Sabtu, 08 Desember 2012

terimakasih telah memahamiku, Hydrangea.. =D

nih, jejeran hydrangea di samping GH  ^^
hai..hai..
ada tulisan baru lagi tentang si bunga-bunga..
di tulisan ini saya ngebahas tentang bunga seribu..
^o^

*lagi semangat-semangat nih ngupdate bunga-bunga yang ada di kebun..^^

untuk pemanasan, silahkan di lihat dulu gambar sebelah..
ya, seperti itulah keadaan bunga seribu..
ada daun yang lebar-lebar, berkelompok, dan bunga-bunganya gede-gede dan warna-warni..

udah siaaap mengenal lebih dekat si bunga seribu??

yuk ah..silahkan di baca, kawan..!!

bunga seribu di kenalnya, atau bunga pecah seribu untuk orang pribumi, bunga bokor dalam bahasa melayu, ajisai untuk orang jepang, hortensia nama lainnya, atau nama ilmiahnya hydrangea. di Indonesia jenis yang banyak di tanam itu jenis Hydrangea machrophylla. ternyata bunga hydrangea ini masih termasuk bunga yang suci, terutama yang berwarna biru, kenapa? karena di masih digunakan untuk persembahyangan di hari raya galungan untuk menghormati dewa Wishnu..
jadi jangan heran, kalau di hari raya itu, permintaan bunga seribu warna biru akan membludak..dak..dak...  ^^
oia, satu lagi karena bentuknya yang besar dan bulat, bunga ini juga cocok untuk di lempar di acara pernikahan.. =D

tunggu..tunggu..!!
apa? warna bunganya biru? emang ada gitu bunga berwarna biru? pake pewarna?
eiiittsss..!! tentu aja ada, murni dan alami, gak pake pewarna..!! ini ciyus loh.. :p
sok atuh lihat gambar di bawah biar percaya..^^


makanya hydrangea lebih dikenal dengan bunga seribu
bunganya sih kelihatan cuma satu gede, tapi coba deh perhatiin, bunga yang gede itu terdiri dari bunga-bunga kecil yang tersusun rapi membulat seperti sanggul. dan bunga-bunga kecil yang tersusun itu terdiri dari lima kelopak. itulah asal muasalnya kenapa tuh bunga di namain bunga seribu..


keunikan lain dari hydrangea ini adalah bunganya bisa berubah sesuka hati sesuai "ketersediaan makanan" dan umurnya. alhasil dalam satu kebun, hamparan hydrangea sangat menakjubkan karena ada gradasi warna gitu..mantap dah..!!

gak jauh beda sama manusia, kalau baru lahir kan masih hijau, unyu-unyu gimana gitu, nah hydrangea juga gitu. waktu baru muncul bunga yang baru keluar warnanya hijau-hijau mendekati putih, seiring berjalannya waktu, hydrangea akan berubah jadi putih, biru atau pink dari yang ngejreng sampai yang pudar. semakin tua, si hydrangea akan semakin ngejreng sampai titik maksimalnya, dan pada akhirnya kembali memudar. gimana ceritanya?

begini ceritanya guys,,
perubahan warna hydrangea itu dipengaruhi dari pH tanahnya. pH itu mempengaruhi hasil akhir apa yang akan di makan oleh si hydrangea. pH yang rendah atau asam akan membuat hydrangea menjadi biru sedangkan pH tinggi akan membuat si hydrangea berubah menjadi pink.. kalau begitu kita bisa dong ya merubah warna hydrangea sesuka hati.. kalau mau jadi pink kita kasih kapur atau dolomit, kalau mau biru kita kasih alumunium sulphate.
nah, kalau gimana cerita hubungan antara pH dan makanan buat si hydrangea dan gimana bunganya bisa berubah gitu, penjelasannya ada di fisiologi tumbuhannya. dan kalau di jabarkan disini, bakal panjang ceritanya. jadi saya putuskan, tidak menceritakannya disini. =p

 trus, percaya gak? hydrangea yang biru tua mendekati ungu, bisa berubah warna lagi jadi hijau, iya..!! mereka akan kembali memudar dan kembali hijau, tapi jadi hijau tua. katanya sih karena pengaruh sinar matahari. nah, ini ni..saya juga belum paham betul gimana sebenarnya alur perubahan si hydrangea ini, kok bisa berubah-ubah warna gitu. *gauk-garuk dengkul, bingung..!!*
jadi kita tinggalin sajalah dulu tentang bagaimana tuh bunga bisa berubah-ubah warna. semakin di bahas semakin kliyengan.. haha...

dari hijau jadi biru
gambar di samping liat kan ya? mereka hidup rukun meskipun beda warna.. =p

dari gambar juga bisa disimpulkan si hydrangea itu tanaman perdu yang bunganya muncul di ujung tangkai yang di topangi oleh daun-daun jumbo. daunnya berwarna hijau tua mengkilap seperti telur, pinggirannnya bergerigi. ternyata si daun memang punya peranan yang sangat penting.. *engg..#menganggukkan kepala#*
iya, si daun-daun itu bisa mengatur pertumbuhan dan perkembangan si bunga. semakin banyak daunnya, maka semakin gedelah si hydrangea. kan dapurnya buanyaakkk...!! jadi ketersediaan makanan tercukupi dengan sempurna. tapi, tapi..kalau di biarkan si bunga bakal jadi gede..gedee..gedeee dan gedeeeeeee bangett..!! kalau terlalu gede kan kurang oke tuh, nah untuk mencegah pertumbuhan yang subur bin makmur itu, maka cara simple yang bisa kita lakukan adalah memangkasnya atau membuang daun-daun tuanya. =D
dengan membuang daun-daun tuanya itu, maka si tanaman akan mengalami pelukaan, trus,untuk nyembuhin si luka-luka itumaka si daun-daun akan berkonsentrasi pada penyembuhan luka-luka dan akhirnya muncullah tunas-tunas baru, sehingga makanan yang tadinya "tok" buat si bunga di ujung tangkai harus berbagi ke tunas-tunas mungil yang baru muncul, endingya si hydrangea gak tumbuh dan berkembang dengan pesat..sat..sattt...!!

penampakan utuh hydrangea kecuali akar..
 kelihatan kan hydrangea itu perdu yang bisa tumbuh tinggi. tapi tuh ada yang nongol di bawah. bunga hydrangea yang tumbuh itu muncul dari tunas sampingnya, makanya pendek..

hydrangea juga gampang untuk di budidayakan. bisa di stek batang. atau pangkas aja, ntar batang-batang kecil akan bermunculan dari bawah, sehingga jadi tumbuh merumpun gitu..
pangkas lagi, tumbuh lagi, pangkas lagi, tumbuh lagi, jadi dari satu batang jadi punya banyaaaaakkk batang hydrangea..
sesuai dendang agronomi..
"dengan segenggam benih saja, kami sanggup beri makan dunia.."
kalau ini, dengan sebatang aja, kita bisa buat hamparan hydrangea. hegheg..

sedikit cerita di balik hydrangea..
bunga hydrangea juga bunga yang spesial untuk penduduk jepang yang lebih di kenal ajiisai..
karena spesialnya bunga ini banyak digunakan sebagai tema dalam puisi-puisi jepang "waka dan haiku".
ada satu waka tahun 684-757 oleh Tachibabano mengatakan
"Ajisai no yae saku gotoku yatsu yo ni wo imase waga seko mitsutsu shinobamu" 
yang artinya
"Seperti bunga ajisai berbunga dengan delapan lapis, semoga anda panjang umur selama delapan generasi Kaisar. saya lihat bunga ajisai dan ingat anda".


dan dari sumber yang "kurang bisa dipercaya", katanya bunga hydrangea itu bunga untuk mengucapkan "terimakasih telah memahamiku".
hehe...

hebat ya orang-orang yang bisa mengartikan bunga-bunga itu..
hegheg...

okeh kawan, sampai disini dulu ya cerita hydrangea, si bunga seribu..
semoga mata yang membaca jadi ngejreng tentang siapa dan apa itu bunga seribu..
atau ternyata si bunga seribu itu tuh itu toh..*udah sering liat tapi baru tau namanya..*
hehe...

dan, saya ucapkan terimakasih dan selamat buat kamu yang membaca sampai kalimat ini..
semoga bermanfaat..
^^

sampai ketemu di edisi selanjutnya..

ja..
^o^

8 komentar:

  1. Kak, lebih keren lagi kalau mem-posting kegiatan sehari-hari di kebun, seperti proses kegiatan menanam, merawat, memproduksi menjadi barang dagangan di pasar, dan sebagainya. Atau juga aktivitas sehari-hari di toko bunga (tempat kakak kerja),, siapa-siapa saja orangnya, bagaimana kondisi sosial masyarakat di sana... jadi blognya lebih lengkap... bercerita tentang para petugas (teman-teman) dan pelanggan2 juga oke tuh, atau proses distribusi bunga-bunga dari kebun ke toko-toko... Lanjut,Gan blognya! #asyek
    -Manshur Zikri-

    BalasHapus
  2. huakakakkk...
    tunggu aja lanjutannya..

    BalasHapus
  3. Mau sedikit tanya boleh yaaa, pernah baca kalo hydrange nggak bisa tumbuh di tempat panas, bener nggasih? Apa cuma bisa tumbuh di dataran tinggi saja? Saya mau menanam jadi ragu karena ngga tinggal d daerah dataran tinggi.... bantu jawab yaa, terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tumbuh sih di dataran rendah, tapi bunganya gak sebagus kalau di dataran tinggi

      Hapus
  4. Minta tips cara menanam bunga pecah seribu di pot ya....

    BalasHapus
  5. Ada yang tau jual bibit bunga ini dimana?

    BalasHapus
  6. Wah keren kak. jadi makin tau soal bunga ini. oiya kaka saya kebetulan nanam hortensia ini, dan masih pemula, saya nanam di pot ka. ada saran saran nya gak kak?
    kalau siang hari bagusnya di pindahi ketempat teduh? maaf merepotkan. makasih kak

    BalasHapus
  7. Waahh...terimakasih untuk tulisannya..
    Saya jadi lebih banyak tahu si bunga yg warnanya berubah2 tapi sbg tanda memahami..
    Saat ini saya baru saja membeli hydrangea yg sudah berbunga..tpi maaih di polybag karena saya di asrama.. apakah cukup dengan mengairi saja untuk merawatnya ? Terimakasih

    BalasHapus